KOMPETENSI KEAHLIANI: 1. AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA 2. AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS 3. TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN 4. ALAT MESIN PERTANIAN 5. AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN
Jumat, 31 Desember 2010
OTAK KANAN VS OTAK KIRI
OTAK KANAN VS OTAK KIRI
Mungkin anak kita bukan Bodoh atau Nakal melainkan hanya dominan otak kanannya
Manusia Memiliki Otak yang Berfungsi sebagai sistem pusat dimana jika kita melakukan sesuatu atau memikirkan sesuatu, otak yang akan mengerjakannya.
Ciri-ciri umum anak dominan otak kanan:
1.Terlambat bicara dibandingkan anak seusianya
2.Sulit Membaca terutama membaca bersuara
3.Lebih suka ujian Lisan dari pada ujian tertulis
4.Tidak bisa diberi tugas yang dibatasi oleh waktu (cepat panik dan
tidak selesai).
5.Kurang suka mengerjakan tugas-tugas yang diperintah melainkan memilih
sendiri apa yang ingin dikerjakannya.
6.Sulit mengeja suku kata
7.Sulit mengerjakan soal-soal matematika logika/rumus-rumus terkadang
lebih mudah soal cerita atau perlu dengan asosiasi atau contoh-contoh
nyata.
8.Sering memandang ke atas dan terlihat seperti melamun (Terbengong/day
dreaming)
9.Pada saat berpikir bola matanya bergerak-gerak
10.Kurang suka mencatat (karena proses mencatat menghambat proses
visualisasi)
11.Sering membaca terbalik-balik
12.Sulit membedakan huruf d dan b
13.Cenderung lebih suka membuat gambar-gambar.
14.Sering membaca melompat dan beberapa kata tertinggal atau terlompati
15.Bisa membaca dari belakang atau dengan urutan terbalik
16.Jika berbicara tidak runtut dan sistematis
17.Sulit mengungkapkan keinginannya dalam bentuk kata/kalimat
18.Cenderung sensitif dan sangat emosional
19.Sering bicara tidak nyambung dengan pertanyaan
20.Cepat hafal tempat/lokasi dan rute perjalanan
21.Kadang suka berkhayal dan menceritakan fantasinya
22.Konsentrasi rendah pada pekerjaan yang kurang disukainya
23.Konsentrasi tinggi dan lama pada hal-hal yang menarik minatnya.
24.Lebih suka benda/buku yang berwarna-warni
Cara Bekerja otak kanan:
1.Kreatif --> ingin mengetahui hal-hal baru dan menemukan cara-cara baru
yang tidak konvensional, melihat alternatif solusi dari berbagai
permasalahan.
2.Spasial Tiga Dimensi, mampu melihat dan membayangkan sesuatu secara
tiga dimensi; bisa melihat dari kanan ke kiri, atas ke bawah dan
sebaliknya. serta membolak balik huruf, angka dan gambar.
3.Memori Fotografi, mampu merekam informasi dalam bentuk gambar-gambar
baik dalam bentuk diam atau seperti film yang bergerak. Memiliki papan
layar di otaknya.
4.Art --> melihat sebuah pekerjaan sebagai proses seni yang mengandalkan
rasa dan estetika yang sering kali tidak bisa dibatasi oleh waktu dan
bekerja berdasarkan inspirasi dan mood.
5.Deduktif --> terlebih dahulu harus melihat gambaran besarnya atau
hasil akhirnya baru bergerak menyusun langkah demi langkah dan tahapan
prosesnya.
6.Random --> Menyusun dan mengolah informasi secara acak, sehingga
penyampaian informasinyapun cenderung tidak sistematis.
7.Visual --> Bekerja dalam bentuk gambar; sering kali sulit menuangkan
ide gambarnya tersebut kedalam kalimat atau kata-kata yang dipahami.
8.Global --> Lebih menyukai gambaran umum dan kurang menyukai hal-hal
detail.
9.Mind Mapping --> Lebih suka dan gampang menulis dalam bentuk pola
gambar seperti peta.
10.Model Estetika --> Menilai sesuatu berdasarkan cita rasa dan estetik
seni bukan fungsi dan kegunaan.
11.Moody --> Kemampuan berpikir dan bekerja yang sangat dipengaruhi oleh
Emosional dan perasaan.
12.Spontan --> Melakukan hal atau sesuatu secara spontan berdasarkan
dorongan emosional sesaat. Sering melakukan tindakan dan mengambil
keputusan diluar rencana
13.Picky Job --> Hanya mau mengerjakan hal-hal yang menarik
perhatiannya. Tidak mudah di suruh/diperintah.
14.Un limited time --> Jika sudah asyik terhadap satu bidang lupa waktu.
15.Konklusif --> Menarik kesimpulan umum dari kepingan-kepingan
informasi.
16.Eksekusi 2 langkah --> Merekam informasi baru memaknainya.
17.Inspirational --> bekerja berdasarkan datangnya inspirasi bersifat
dadakan dan tidak terencana.
Perbandingan Kerja Otak Kiri dan Kanan:
1.Simbol vs Gambar
2.Runtut/Sekuen vs Acak/Random
3.Logika vs Kreatif/Seni
4.Detail ke Global vs Global ke detail.
5.Setahap demi setahap vs Langsung
6.Proses then memori vs memori then proses
7.Duplikasi vs imaginasi
8.Teratur vs acak dan melompat-lompat
9.Analisis mengurai vs Analisis Kesimpulan
10.Tenggat Waktu vs Bebas Waktu
11.Rencana vs Inspirasi
12.Objek Hitam Putih vs Objek yang berwarna warni
Perbedaan Kombinasi Kontinum Otak dan Indera dominan
1.Otak Kiri dengan sensori Visual --> Cenderung Diam, Tegas, Berpikir
Runtut, Logika bagus
2.Otak Kiri Auditori --> Cenderung Bicara, Suka berdebat, Logika bagus,
cepat menghafal
3.Otak Kiri Kinestetik --> Cenderung diam, Lincah bergerak, Berpikir
runtut, logika bagus
4.Otak Kanan Visual --> Suka menghayal, kuat mengingat, cenderung diam,
sulit mengeja, suka menggambar, kurang suka mencatat.
5.Otak Kanan Auditori --> Suka bicara, Bicara acak, Bicara khayalan,
suka berhandai-handai..., sulit mengeja tapi suka bicara,
6.Otak Kanan Kinestetik --> Cenderung diam, terus bergerak, bergerak tak
beraturan, sering melakukan hal-hal yang penuh resiko, pandai membuat
sesuatu karya tangannya
Membantu Anak Otak Kanan belajar:
1.Temukan minatnya dan mulai mengajari apapun melalui hal yang menarik
minatnya. Jika ia suka mobil bicaralah mulai dari mobil dsbnya.
2.Jika ia ingin belajar sambil bergerak-gerak maka ijinkanlah ia
malakukan itu
3.Jelaskan untuk apa kita harus mempelajari sesuatu agar dia bisa
melihat gambaran besar dan tujuan akhirnya.
4.Gunakan alat peraga dan contoh-contoh ilustrasi untuk mengambarkan apa
yang sedang anda jelaskan misalnya konsep tambah, kurang dan bagi.
5.Latihlah kecepatan untuk Visualisasi dan kemampuan merekam gambar .
Latihan tahap dasar visualisasi; misalnya membayangkan sebuah
aktivitas yang dilakukan seperti; berangkat ke sekolah, mengerjakan
sesuatu dirumah dsb, persis seperti proses hipnoteraphy. Bayangkan kamu
sekarang malangkah menuju lemari es, bayangkan sekarang kamu buka, tolong
ambilkan mama jeruk dan susu, kemudian tuangkan susunya kedalam gelas,
bawa gelas berisi susu dan jeruk itu ke kamar mama. Jika anak anda sudah
bisa mengulangi prosesnya secara runtut artinya dia sudah mulai terlatih
kemampuan visualisasinya.
Latihan tahap lanjutan visualisasi mengingat gambar; Minta dia melihat
gambar dan anda sebutkan namanya; minta ia memejamkan mata; tanya apakah
gambar itu sudah muncul di bayangan pikirannya.
Latihan Lanjutan Visualisasi mengingat Angka dan urutannya, Latihan
ini dimulai dengan mengingat angka 1 s/d 10 satu demi satu, perlihatkan
gambar angka 1 s/d 10 satu persatu, kemudian setelah ia berhasil
mengingatnya minta anak anda untuk mengurutkan dari depan kebelakang,
setelah itu minta ia mengurutkannya dari 10 ke 1, jika berhasil maka dia
sudah mulai terlatih untuk menggunakan kemampuan unggulnya.
Latihan Lanjutan Visualisasi mengingat Huruf dan urutannya, Latihan
ini dimulai dengan pengenalan huruf satu demi satu; dengan metode mata
terpejam, apabila ini sudah terekam maka mintalah anak anda untuk
mengurutkan 10 huruf pertama dari depan dan dari belakang. Terus
berlanjut.
sumber:http://www.ichensthea.co.cc
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
SMK N.1 T.Miring Tetap Ok..!! Tuhan Memberkati..
BalasHapus